Tips mencari kost by kostdepok.com

 


Tips memilih kost by Kostdepok.com

  1. Tentukan budget

Nah, ini pasti cukup penting, terkait kemampuan keuangan kamu atau orang tua kamu, ada baiknya kamu hitung besaran pengeluaran biaya hidupmu juga, biaya makan dll diluar biaya kost nantinya.

  1. Waktu yang tepat dan survey !

Ini juga tidak kalah penting, cari kost itu susah-susah gampang, sehingga butuh waktu untuk mencarinya

Lakukanlah survey sebelum memutuskan yang bener-bener cocok, jadi jangan terlalu mepet, luangkan waktu beberapa hari/minggu sebelum tanggal kebutuhan kost kamu, jika sudah cocok, silahkan kamu pilih masa yang tersedia sesuai lamanya kost, apakah harian, bulanan, atau tahunan, biasanya pengelola kost ada diskon saat kamu mengambil dalam waktu yang lama, tanyakan itu !

  1. Akses

Akses juga penting, apakah akses keluar masuk hanya bisa dilalui jalan kaki, motor atau bahkan mobil, ini diperlukan saat kamu membawa barang-barang bawaan kamu, cukup merepotkan jika kamu sering bolak balik jika akses nya sulit, bayangkan udah akses jalan kaki, menanjak pula, kecuali emang kamu anak pecinta alam yang suka naik gunung hihi

  1. Lokasi

Sebelum kamu survey, kamu dapat saja menanyakan letak lokasinya via google map, dan ukur via aplikasi berapa jauh dari pusat aktivitas kamu, berapa jauh dari kampuskah, kantor kah, dll, ini akan berpengaruh dari pengeluaran transportasi kamu.

Tanyakan pula, dimana warung terdekat, warteg/rumah makan, dll.

  1. Lingkungan

Saat survey, kamu bisa tanyakan warga sekitar bagaimana lingkungan sekitar kost, bagaimana keamanannya, juga social disana, sepi atau ramai ya tergantung kebutuhan kamu, bagi yang suka ketenangan, mungkin kamu gak begitu cocok dengan kost yang terlalu dekat dengan jalan raya, yang sering hilir mudik motor berknalpot bising ‼‼ bisa-bisa begadang terus tuh hihihi, lain lagi kalo kamu yang suka keramaian tentu berbeda, yang jelas carilah lokasi yang membuat kita selalu positif, terhindar dari pengaruh masalah hukum, narkotika dan sejenisnya

Lingkungan juga berpengaruh terhadap keamanan diri juga barang kamu, apakah sering terjadi kehilangan barang, motor, apakah tersedia lahan parkir motor dan cukup aman dengan gerbangnya dll.

  1. Fasilitas

Nah fasilitas ini akan berpengaruh kepada penentuan apakah harga yang ditawarkan masuk akal, tanyakan detail fasilitas yang ada, dan lakukan test, apakah AC / Kipas angin berfungsi dengan baik, kasur, bantal tersedia ? cek semua apakah semua fasilitas yang ditawarkan terpenuhi, cek sebelum kamu memilih kostnya, WIFI berjalan dengan baik kah ? dll, cek juga kondisi kamar kostnya, apakan dinding lembab, bagaimana ventilasi udaranya, apakah atap bocor ? ini berpengaruh kepada kenyamanan dan Kesehatan kamu lho ??? gak pengen khan lagi asik-asik tidur tahu-tahu kebangun gara-gara ada air yang bocor ???? hihihi…

  1. Bandingkan harga

Surveylah beberapa kost sebelum menentukan, karena kamu memilih tempat tinggal bukan memilih barang yang secepatnya dapat diganti jika tidak cocok, jadi sedikit bersabar lebih baik, lalu bandingkan harga dengan fasilitasnya, termasuk akses tadi.

  1. Teman Kos

Saat survey, kamu bisa tanyakan sama penghuni lama, bagaimana pengalaman kost mereka disitu, kalau bisa tanyakan ke beberapa penghuni, karena bisa saja pengalamannya berbeda, guru terbaik pengalaman lho.

  1. Apakah ada ibu/bapak kost atau penjaganya

Nah, ini kadang-kadang disepelekan, keberadaan bpk/ibu kost/penjaga didalam kost memang plus minus, jika memang ada, setidaknya ada yang bantu mengawasi interaksi sesama penghuni kost hingga barang-barang kamu, juga mengawasi ketertiban social kost, namun jika tidak ada tanyakan bagaimana penyampaian aspirasi jika terjadi ketidaknyamanan di kost, misalnya penghuni kost lain yang suka berisik, lampu rusak, kran air tidak mengalir, pastikan apakah bpk ibu kost walaupun tidak ada dikost mampu mengakomodir keluhan itu.

Pilihlah pemilik kost yang responsive terhadap keluhan dan kebutuhan kamu. Ini menjadi point lebih dan dijamin membuat kamu makin betah.

Namun, tetaplah berperilaku bijak ya walaupun bpk kost/ibu kost tidak berada dikost, dengan saling menjaga hubungan yang baik antara pemilik dan penyewa juga para penghuni, dan itu sudah sepatutnya.

  1. Peraturan kost

Jangan lupa tanyakan peraturan kost, biasanya ditiap kost sudah dicantumkan peraturannya, ingat ‼ jangan malas membaca ‼ namun jika tidak ada atau ada yang kurang jelas, jangan sungkan-sungkan untuk kamu tanyakan kepada pengelolanya/pemilik kost.

Pemilik kost yang bijak, pasti akan merespon kamu, untuk kepentingan bersama dan kenyamanan bersama.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates